Bagaimana Cara Mengecat Menggunakan Kompresor ?

Bagaimana cara mengecat menggunakan kompresor ? - Karena mengecat dengan cet kaleng semacam pylok telah terlalu mainstream, jadi saya enggan melakukan pengecatan dengan cet tersebut. Mengapa? Sebab di Indonesia macam cet kaleng ternama dan keren sulit ditemui, tak sedikit hanya jenis cet biasa yang ramai ditemui. Padahal sebenarnya bagian pengecatan ada tak sedikit macamnya agar hasil cet terkesan baik dan tahan lama.

Pengecatan yang baik dan dapat tahan lama, tergantung dari proses awal bagaimana kami memperlakukan objek dengan telaten dan campuran bahan yang tepat. Kondisi dari objek yang bakal digarap juga mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari pengecatan tersebut.

Cara Mengecat Dengan Kompresor Yang Baik

cara mengecat menggunakan kompresor
Disini saya bakal membagi pengalaman saya mengenai tutorial mengecat memakai kompresor. Sedikit bercerita saya tak memiliki orang yang mengajarkan teknik pengecatan dengan cara langsung di dunia nyata. Sebelum saya memiliki pikiran untuk memakai kompresor yang semacam dipakai master cet, saya sempat memakai cet semprot kaleng yang hasilnya terbukti tak semacam yang diinginkan dan terbukti tak tahan lama.
Baca juga : Cara cat motor pakai pilox yang benar

Berbagai tahun berlangsung sampai saya penasaran mengapa cet motor mobil pabrikan dapat terkesan sempurna dimata saya dan dapat bersi kukuh lama pula. Sebelumnya saya tak memiliki kawan yang mengajarkan saya untuk berlatih pengecatan memakai kompresor dengan cara tatap muka. Sampai saya menemukan grup di dunia maya yang berisikan mengenai dunia airbrush. Jiwa iseng dan keingintahuan pun muncul, disana tak sedikit sharing mengenai kegagalan dan kesuksesan dalam proses pengecatan.

Tiba harinya saya ingin membeli kompresor, dan seusai konsul panjang di grup mengenai peralatan dan bahan yang wajib dimiliki sebelum mengawali pengecatan, alhamdulillah mendapat respon baik dari grup dunia maya tersebut dan dijelaskan satu persatu kelengkapan yang wajib ada.

Bahan mengecat dengan kompresor :

  1. Pertama kamu wajib memiliki kompresor, untuk pengecatan body dapat memakai kompresor diatas mini yang bertekanan angin misal 116 PSI semacam yang saya miliki serta bertenaga listrik.
  2. Selang penghubung antara kompresor dengan spraygun ataupun paintbrush.
  3. Spraygun. Yaitu alat untuk menampung serta mengatur keluaran bandingan angin dengan cat yang telah di mix sebelumnya.
  4. Paintbrush.  Dalam dunia airbrush sangat penting sebab diperlukan untuk menggambar alias menulis sampai membikin line / garis dalam pembentukan karya seni.
  5. Pastinya kami wajib memiliki objek untuk menuangkan karya seni kita.
  6. Apabila epoxy telah kering, amplas lagi memakai air sabun, apabila poxy yang kamu mainkan tebal gunakan amplas 400 serta dilanjut dengan amplas 1000, tak usah ditekan, lumayan amplas "mengambang". serta bilas lap keringkan.
  7. Waktunya naik pewarnaan, aduk campuran cet dengan thinner serta mainkan aksimu. Untuk proses grafis alias ada bagian yang tak ingin terkena cat, bisa memakai isolasi kertas serta tak sedikit surat berita supaya menghemat anggaran nya. biasanya cet kering dengan jangkauan waktu 15-60 menit
  8. Apabila telah kering, lap objek alias bisa bilas sekalian supaya tak ada kotoran yang menempel, hati hati dalam proses lap, sebab rentan terkena gesekan. Anda bisa langsung menimpanya dengan Pernish, pernish bermanfaat sebagai antigores, jadi faktor ini sangat penting. lalu tekanan angin pada proses pernish juga sedikit berbeda, angin di seting lebih besar keluar supaya prosesnya bisa halus. timpa pernish dengan berbagai bagian bisa hingga 3 bagian cukup, gunakan rasio yang berbeda, bagian pertama kental, serta bagian selanjutnya lebih encer supaya kehalusan terjamin.
  9. Seusai semua terlaksana simpan ditempat yang jauh dari jangkauan debu, biasanya proses pengeringan indoor bakal lebih maksimal kilapnya engan catatan waktu pengeringan bisa bertambah lama. Pengeringan bisa memakan waktu 1 hingga 2 hari untuk kering totalnya tergantung dari cuaca yang ada.
Demikian penjelasan dari saya, oh iya tambahan apabila telah berakhir kering serta kamu tetap tak lebih puas kepada beningnya cat anda, bisa melakukan pemolesan memakai kompon putih, tutorial paling gampang memakai mesin poles, serta apabila memakai tangan bakal terasa pegal, tapi apabila ingin mencoba silahkan dengan proses pemolesan dengan cara berputar serta cepat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Cara Mengecat Menggunakan Kompresor ?

1 comments: